oleh

Revitalisasi Stadion Sangkuriang Kota Cimahi Kembali Molor, Begini Alasannya

CIMAHI – Rencana revitalisasi Stadion Sangkuriang Kota Cimahi diperkirakan batal direalisasikan pembangunannya tahun ini.

Gagal lelang karena tidak ada pemenang tender terverifikasi,  jadi alasan ditundanya pelaksanaan revitalisasi Stadion Sangkuriang.

Rencananya, revitalisasi stadion Sangkuriang yang menjadi legenda warga Cimahi itu menggunakan anggaran bantuan pemprov Jabar yang bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp270 miliar.

Saat ini, Pemkot Cimahi sendiri baru menerima pencairan tahap awal dengan nilai bantuan sebesar Rp110 miliar untuk memulai rencana revitalisasi Stadion Sangkuriang.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi Robin Sihombing mengaku, sangat menyayangkan gagalnya revitalisasi stadion Sangkuriang dengan dana bantuan Provinsi itu.

Padahal, jika melihat sumber anggaran yang direncanakan sejak awal senilai Rp270 Miliar merupakan angka yang sangat besar bagi Kota Cimahi. Terlebih Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cimahi hanya menjcapai Rp355 Miliar saja.

“Kenapa ada anggaran dari Pemprov senilai Rp270 Miliar tidak bisa dimanfaaatkan secara baik? Kemampuan Pemkot Cimahi dalam mengelola anggaran ini patut dipertanyakan,” ungkapnya, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (25/11).

Dia menilai, revitalisasi Stadion merupakan kebutuhan masyarakat Kota Cimahi yang sangat mendesak. Sebab, Stadion Sangkuriang merupakan kebanggaan dan ikon bagi masyarakat Kota Cimahi.

“Banyak kaum muda di Kota Cimahi yang memiliki bakat di bidang olahraga jadi tidak berkembang. Salah satunya karena tidak memiliki stadion, ” terangnya.

“Jika revitalisasi Stadion Sangkuriang ini gagal, maka  merupakan kesalahan yang sulit diterima oleh masyarakat. Kita bisa membayangkan kapan Pemkot Cimahi memiliki anggaran untuk sebuah program sebesar itu, ” imbuhnya.

Tak hanya itu, dengan adanya kesempatan untuk mendapatkan anggaran sebesar itu tetapi Pemkot tidak bisa memanfaatkannya, Robin menilai, sama saja dengan menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

“Ini bisa dikatakan ‘membuang’ atau menyia-nyiakan uang yang ada,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana menyebutkan, perbaikan Stadion Sangkuriang tetap akan dilakukan, namun tidak pada tahun ini.

Perbaikan stadion tersebut direncanakan akan dilakukan pada 2022 sekitar Februari, sehingga pada Juli 2022, Stadion Sangkuriang sudah bisa digunakan.

“Rapat dengan Komisi III DPRD Kota Cimahi menyepakati pembangunan Stadion Sangkuriang ini akan menggunakan APBD Kota Cimahi, tak ada pembongkaran GOR nantinya,  “ kata Ngatiyana. (ziz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *